Wednesday 9 July 2014

5 Tips Belanja Menjelang Hari Raya

Hari raya idul fitri atau yang umum disebut lebaran merupakan momen yang ditunggu-tunggu oleh mayoritas masyarakat Indonesia yang memang sebagian besar adalah pemeluk agama islam. Hari raya idul fitri menurut saya identik dengan tiga hal, pertama mudik, kedua kue lebaran, dan ketiga belanja. Disini saya akan membahas sedikit soal belanja menjelang lebaran yang memang tidak bisa lepas juga dari kebiasaan saya dan keluarga.

Entah pemikiran darimana, seolah-olah hari raya idul fitri itu mengharuskan kita mengenakan pakaian baru, baik untuk shalat Id, maupun untuk hal-hal lainnya. Padahal tidak ada anjurannya untuk menggunakan pakaian baru saat hari raya, seperti berikut ini:
Imam Syafie r.h berkata:
“Aku lebih menyukai seseorang memakai pakaian terbaik yang dimilikinya pada hari-hari raya, iaitu pada hari Jumat, dua hari raya (Idul adha dan idul fitri) dan tempat diadakan majlis (seperti majlis pernikahan). Dia hendaklah memakai baju yang bersih dan memakai wangi-wangian.” – Rujuk Ringkasan Kitab Al-Umm, Imam al-Syafi’I.


Terbaik, bukan berarti harus yang terbaru bukan? Kembali lagi ke masing-masing orang sih. Bagi saya, belanja dihari-hari mendekati lebaran itu lebih seperti tradisi. Rasanya ada yang kurang jika tidak belanja baju baru dalam nuansa ramadhan dan tidak memakainya di kampung halaman. Dan saya yakin, bukan hanya saya yang merasakan hal tersebut. Nah, memasuki minggu kedua ramadhan, biasanya pusat perbelanjaan akan makin ramai diserbu masyarakat. Tentunya berbeda dong belanja saat puasa dan saat tidak puasa. Berikut saya akan berbagi tips berbelanja menjelang hari raya:

1. Jangan Belanja Saat Weekend
Orang yang belanja saat weekend sudah pasti akan membludak, karena mayoritas orang yang bekerja akan berbelanja saat hari Sabtu atau Minggu. Belum lagi orang-orang yang berbelanja membawa serta anak-anaknya. Akan semakin ramai dan berisik tentunya. Sempatkanlah waktu satu atau setengah hari untuk berbelanja di luar waktu weekend.

2. Belanja dengan Sesedikit Mungkin Orang
Belanja dengan sedikit orang akan lebih efisien, apalagi ketika kita dalam keadaan berpuasa. Karena semakin banyak orang yang kita ajak belanja, maka akan semakin lama kita berada di pusat perbelanjaan. Logikanya begini, misal kita mencari kemeja, tentunya kita akan mencari sampai yang cocok mulai dari ukuran hingga harganya bukan? Untuk mendapatkan yang cocok itu, biasanya kita tidak hanya datang ke satu toko. Belum lagi kita mencobanya, di satu toko aja kadang bisa nyoba lebih dari satu jenis kemeja. Belum tawar menawarnya. Kadang modelnya cocok, harganya ngga cocok atau sebaliknya. Banyak deh pertimbangannya, apalagi buat para wanita tuh. Kebayang kan gimana tambah ribetnya kalo kita belanja dengan banyak orang? Apalagi situasinya lagi puasa, pasti jadi bakal makin kerasa panas, pegel, dan hausnya deh.

3. Bawa Tas Ransel
Ini menurut saya penting untuk lebih memudahkan kita selama belanja. Jadi kita ngga perlu repot-repot nenteng belanjaan berplastik-plastik. Selain bikin tangan pegel, juga ada resiko ketinggalan saat kita lagi belanja di toko lain. Kalau bawa tas ransel, habis beli kalau perlu ngga usah dimasukin kantong plastik, langsung aja masukin barangnya ke ransel. Bawanya pun juga enak, ngga ribet, all in one, apalagi untuk orang-orang yang menggunakan kendaraan umum, lebih aman juga bukan?

4. Pakai Pakaian Senyaman Mungkin
Ini sih udah pasti yaa, cuma heran aja gitu kadang masih ketemu sama orang yang lagi belanja di pusat perbelanjaan (bukan mall) tapi dandanannya heboh banget. Padahal kan itu bakal ngeribetin dirinya sendiri. Kalau mau lebih simple lagi, lebih enak pakai kemeja saja saat belanja. Kenapa kemeja? Karena seandainya kita mau mencoba barang yang akan kita beli, akan lebih mudah jika pakai kemeja untuk ganti-gantinya. Apalagi untuk para pengguna jilbab, saat belanja sebaiknya pakai jilbab yang sederhana saja, supaya ngga repot juga kan saat nyoba-nyoba baju. Hindari juga pakai sendal karena bisa berisiko terinjak-injak dan putus sendalnya.

5. Beli Makanan Berbuka Satu Jam Sebelum Adzan Maghrib
Untuk yang berencana berbelanja sampai malam, hal ini penting karena menjelang adzan maghrib, sudah bisa dipastikan semua outlet makanan pasti penuh. Untuk menghindari hal tersebut dan bikin kita jadi ketinggalan berbuka, mendingan beli makanan berbuka atau takjil sekitar satu jam sebelum adzan maghrib. Simpan aja di ransel kita dulu, cari tempat yang nyaman, dan berbuka aja dulu disitu. Kemudian sholat maghrib, baru deh lanjutin belanja atau makan dulu. Setidaknya kita ngga desek-desekan dan rebutan beli makanan saat menjelang berbuka.

Semoga tips-tips di atas bermanfaat buat kalian yang berniat belanja sebelum lebaran. Jangan sampai puasa kita batal hanya gara-gara belanja yaa. Jika malas belanja di pusat perbelanjaan, bisa juga di online shop, tips di atas ngga akan terpakai tentunya. Beberapa resiko belanja di online shop adalah rawan penipuan, ukuran ternyata tidak sesuai, dan terkadang waktu sampai barangnya juga tidak sesuai. Kembali lagi sesuai selera para pembaca tentunya. Selamat berbelanja!

No comments:

Post a Comment