Saturday 7 January 2012

TULISAN ILMU BUDAYA DASAR 4-Part 2

Part 2


Tulisan Ilmu Budaya Dasar kali ini adalah mencari hasil budaya yang berkaitan dengan hubungan manusia dan kegelisahan.
Pada tugas sebelumnya tentang Manusia dan Kegelisahan, terdapat bagian mengenai kesepian dan ketidakpastian. Maka pada tulisan kali ini saya akan memberi contoh hasil budaya bukan hanya mengenai hubungan manusia dan kegelisahan tetapi juga mengenai hubungan manusia dengan kesepian dan ketidakpastian.


A. Manusia dan Kegelisahan

GIE - Erros feat. Okta

sampaikanlah pada ibuku
aku pulang terlambat waktu
ku akan menaklukkan malam
dengan jalan pikiranku

sampaikanlah pada bapakku
aku mencari jalan atas 
semua keresahan-keresahan ini
kegelisahan manusia
retaplah malam yg dingin

tak pernah berhenti berjuang
pecahkan teka-teki malam
tak pernah berhenti berjuang
pecahkan teka-teki keadilan

berbagi waktu dengan alam
kau akan tahu siapa dirimu yg sebenarnya
hakikat manusia

keadilan, keadilan

Source: http://liriklaguindonesia.net/erros-so7-feat-okta-gie.htm#ixzz1imNWke00  

kegelisahan pada lagu ini dapat dilihat dari lirik "aku mencari jalan atas, semua keresahan-keresahan ini, kegelisahan manusia"
dapat dilihat bahwa pada lagu tersebut penulis mencari jalan keluar dari keresahan dan kegelisahan yang dialaminya.

B. Manusia dan Kesepian

KESEPIAN - Vierra

dimana kamu dimana, di sini, bukan
kemana kamu kemana, ke sini, bukan
katanya pergi sebentar, ternyata lama
tahukah aku sendiri menunggu kamu

jangan pergi pergi lagi
aku tak mau sendiri
temani aku tuk sebentar saja
agar aku tak kesepian

jangan janji-janji terus
aku tak mau kau bohong
temani aku tuk sebentar saja
agar aku tak kesepian


Source: http://liriklaguindonesia.net/vierra-kesepian.htm#ixzz1imPHOGIb


Kesepian pada lagu diatas digambarkan hampir di semua bagian lagu. Di mana terlihat bahwa penulis sedang mengalami kesepian karena ditinggal pergi oleh kekasihnya entah kemana.

C. Manusia dan Ketidakpastian

MAU DIBAWA KEMANA - Armada

semuanya telah ku beri
dengan kesungguhan hati untukmu
hanya untukmu
tak perlu kau tanya lagi
siapa pemilik hati ini
kau tahu pasti dirimu

tolong lihat aku
dan jawab pertanyaanku


mau dibawa kemana hubungan kita
jika kau terus menunda-nunda
dan tak pernah nyatakan cinta

mau dibawa kemana hubungan kita
ku tak akan terus jalani
tanpa ada ikatan pasti
antara kau dan aku


Source: http://liriklaguindonesia.net/armada-mau-dibawa-kemana.htm#ixzz1imQgfOhF


Pada lagu ini makna ketidakpastian dapat dilihat tidak hanya dari isi lagu, bahkan dari judulnya saja kita dapat mengetahui bahwa penulis lagu ini menceritakan tentang ketidakpastian antara sepasang remaja yang hubungannya tidak jelas mau dibawa kemana atau bahasa anak mudanya di-"gantung".

Sekian tulisan dari saya kali ini. Thanks for reading :)

"Kesepian yang sesungguhnya adalah ketika kamu tidak lagi mampu mendengar suara hatimu sendiri yang terisak keras" - Anonim

No comments:

Post a Comment